Jumat, 03 Oktober 2014

ISD sebagai salah Satu MKDU

Pengertian:
Ilmu Sosial Dasar (ISD):
Ilmu Sosial Dasar adalah  ilmu yang mempelajari masalah-masalah sosial, khususnya masalah-masalah yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan teori-teori (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial (seperti Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah)

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS):
IPS merupakan suatu program pendidikan dan bukan sub-disiplin ilmu tersendiri, sehingga tidak akan ditemukan baik dalam nomenklatur filsafat ilmu, disiplin ilmu-ilmu sosial (social science), maupun ilmu pendidikan. Social Scence Education Council (SSEC) dan National Council for Social Studies (NCSS), menyebut IPS sebagai “Social Science Education” dan “Social Studies”. Dengan kata lain, IPS mengikuti cara pandang yang bersifat terpadu dari sejumlah mata pelajaran seperti: geografi, ekonomi, ilmu politik, ilmu hukum, sejarah, antropologi, psikologi, sosiologi, dan sebagainya.


Tujuan:
Sebagai salah satu dari mata kuliah dasar umum. Ilmu Sosial Dasar mempunyai tujuan pembinaan mahasiswa agar :
a.Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan mas
alah-masalah sosial yang ada di dalam masyarakat.
b. Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
c. Menyadari setiap masalh sosial yang timbul dala masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya mendekatinya mempelajarinya secara kritis dan interdisipliner.
d. Memahami jalan pikiran para ahli dalam bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.


3 Kelompok Ilmu Pengetahuan:
1) Ilmu Pengetahuan Alama (IPA), meliputi Fisika, Kimia, Biologi, Astronomi
2) Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) meliputi Sosiologi, Politik, Ekonomi, Sejarah, Psikologi
3) Kemasyarakatan, meliputi Bahasa, Agama, Kesenian, Sastra


Perbedaan ISD dan IPS:
a. Ilmu Sosial Dasar diberikan di Perguruan Tinggi, Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di sekolah dasar dan sekolah lanjutan.
b. Ilmu Sosial Dasar merupakan mata kuliah tunggal sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan)
c. Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.


Persamaan ISD dan IPS:
a. Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan.
b. Kedua bukan disiplin  ilmu yang berdiri sendiri.
c. Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.


Ruang Lingkup ISD:
3 golongan bahan pembelajaran ISD antara lain :
1) Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat. Meliputi, latar belakang disiplin ilmu atau pandangannya.
2)Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah yang dibahas dalam ilmu pengetahuan sosial.
3) Membahas masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
-ISD meliputi dua kelompok utama; studi manusia dan masyarakat dan studi lembaga-lembaga sosial. Yang terutama terdiri atas psikologi, sosiologi, dan antropologi, sedang yg kemudian terdiri atas ekonomi dan politik.


FUNGSI ILMU SOSIAL DASAR DI PERGURUAN TINGGI:
Setelah menelaah makna dari Ilmu Sosial Dasar dia atas, secara otomatis kita dapat mengetahui fungsi dari ISD dalam kehidupan bermasyarakat. Namun, yang akan saya bahas kali ini adalah Fungsi ISD di Perguruan Tinggi.
  • Ilmu Sosiologi
Sosiologi adalah ilmu sosial yang bertujuan untuk memahami sifat-sifat berbeda dari setiap manusia yang ditemuinya. Sosiologi sangat berfungsi di Perguruan Tinggi terutama untuk para Mahasiswa Baru agar tidak merasa sendiri diantara orang-orang yang tidak dikenal.
  •  Ilmu Ekonomi
Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Fungsinya di Perguruan Tinggi adalah sebagai pedoman untuk bersikap hemat. Dengan mempelajari ilmu ini, kita akan tahu mana yang termasuk kebutuhan primer (pokok), sekunder, dan tersier.
  • Sejarah
Sejarah adalah ilmu yang mempelajari asal muasal atau sejarah suatu kejadian, tempat, atau peristiwa dimasa lampau atau silsilah suatu keturunan. Fungsinya di perguruan tinggi adalah untuk mengetahui sejarah dari Perguruan Tinggi trsebut.
  • Antropologi
Antropologi adalah salah satu cabang ilmu sosial yang mempelajari tentang budaya masyarakat suatu etnis tertentu. Ini juga sangat penting fungsinya di Perguruan Tinggi terutama bagi para Mahasiswa Baru. Salah satunya adalah agar kita dapat mengetahui sifat dan adat dari mahasiswa lain karena pasti dalam satu Perguruan Tinggi terdapat mahasiswa dengan budaya yang berbeda-beda. Jika kita sudah memahami atau mengetahui budaya serta adat dari daerah mereka masing, maka kita dapat memaklumi jika ada sifat yang sedikit bertentangan dengan kita.
  • Psikologi Sosial
Psikologi Sosial adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan kelompok. Fungsinya adalah untuk mengetahui bagaimana sifat atau watak dari seseorang atau kelompok yang kita temui.
Berdasarakan pada tulisan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa Ilmu Sosial ini memang penting diterapkan di kehidupan bermasyarakat agar tercipta sebuah kehidupan yang rukun dan tidak terasing, egois, serta dapat memahami satu sama lain.


Sumber Referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar