Rabu, 17 Januari 2018

ANALISIS WEBSITE PEMERINTAH

ANALISIS KINERJA SISTEM
ANALISIS WEBSITE E-GOVERMENT



DISUSUN OLEH :
1.        DHIMAS PRIYO MUSLIM                     1D114302
2.        MITTHA MIRANTI                                 16114683
3.        MUHAMMAD REZA MAKARIM         1C114746
4.        RICHARD SIMANJUNTAK                   19114240
5.        YOGI PRATAMA PUTRA                       1C114424

KELAS :
4KA10


UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS ILMU KOMPUTER & TEKNOLOGI INFORMASI
2017/2018




1.     Analisa Unit Analisis Website E-Government

Table 1. Unit Analisis Website E-Government pada provinsi Jawa Timur, kota Malang, kabupaten Malang
NO
Unit Analisis

Kategori Analisis
Provinsi
(Jawa Timur)
 Kota
(Malang)
Kabupaten
(Malang)
       1.
Selayang Pandang

Sejarah,
v
v
v
Motto
v
v
Lambang
v
v
v
arti lambang
v
v
v
lokasi dalam bentuk peta
v
visi dan misi
v
v
v
       2.
Pemerintahan Daerah

Eksekutif
v
v
v
Legislative
v
v
v
nama, alamat, telepon, e-mail dari pejabat daerah
v
biodata dari Pimpinan Daerah
v
       3.
Geografi


Topografi
v
v
v
Demografi
v
v
v
cuaca dan iklim
v
v
v
sosial dan ekonomi
v
v
budaya dari daerah bersangkutan
v
v
Ada informasi berupa numeris / statistik dan harus mencantumkan nama instansi dari sumber datanya.
        4.
Peta Wilayah dan Sumberdaya

peta wilayah
v
v
bentuk peta
sumberdaya
       5.
Peraturan/Kebijakan Daerah


Peraturan Daerah (Perda) yang telah dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah bersangkutan.
v
v
v
        6.
Buku Tamu
Buku Tamu
v
v
v


Forum

Dari Tabel I diasatas berdasarkan data-data yang ada diantara Provinsi Jawa Timur, Kota Malang, dan Kabupaten Malang, Jika kita lihat berdasarkan unit analisis selayang pandang pada Kategori Motto tidak terdapat di Website Provinsi Jawa Timur. Pada kategori Lokasi dalam Bentuk Peta tidak terdapat pada Website Provinsi Jawa Timur  dan Kota Malang. Untuk analisis unit lainnya seperti Sejarah, Visi dan Misi, Lambang, dan Arti Lambang lengkap terdapat pada ketiga website.
Pada Unit analisis Pemerinntahan Daerah (Pemda), kategori nama, alamat, telepon, e-mail dari pejabat daerah tidak terdapat  pada website Provinsi Jawa Timur dan Kota Malang.  Begitu pun dengan kategori Biodata dari Pimpinan Daerah tidak terdapat  pada website Provinsi Jawa Timur dan Kota Malang.  Namun Unit analisis Pemerintahan Daerah lengkap pada Website Kabupaten Malang.
Pada Unit Analisis Geografi, kategori sosial dan ekonomi tidak terdapat pada Website Kabupaten Malang. Sedangkan untuk kategori budaya dari daerah bersangkutan tidak terdapat pada Website Provinsi Jawa Timur, dan pada kategori Ada informasi berupa numeris / statistik dan harus mencantumkan nama instansi dari sumber datanya tidak terdapat pada ketiga Website. Untuk analisis unit lainnya seperti Topografi, Demografi, Cuaca dan Iklim lengkap terdapat pada ketiga Website.
Selanjutnya pada unit analisis Peta Wilayah dan Sumberdaya, Kategori peta wilayah tidak terdapat pada Website Provinsi Jawa Timur. Sedangkan pada kategori bentuk peta Sumber daya tidak terdapat pada ketiga Website. Dan pada unit analisis Peraturan/Kebijakan Daerah pada Kategori Peraturan Daerah (Perda) yang telah dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah bersangkutan Lengkap terdapat pada ketiga Website. Dan untuk unit analisis yang terakhir pada kategori Buku Tamu lengkap terdapat pada ketiga Website.

Kesimpulan dari hasil analisis tabel I, bahwa Website Kabupaten Malang lebih lengkap dibandingkan ddengan Webiste Provinsi Jawa Timur dan Kota Malang. Penilaian ini berdasarkan jumlah total data unit dari tabel I diatas yang meliputi Selayang pandang, Pemerintahan Daerah, Geografi, Peta Wilayah dan Sumberdaya, Peraturan Daerah, dan Buku Tamu. Hassil yang diperoleh oleh Website Kabupaten Malang Memperoleh total  17  dari 21 konten yang harus dipenuhi. Urutan kedua diperoleh hasil pada Website Kota Malang, sedangakn diurutan ketiga total yang terkecil diperoleh Website Provinsi Jawa Timur.

Table 2. Bobot Unit Analisis Website E-Government pada provinsi Jawa Timur, Kota Malang, dan kabupaten Malang



            Pada tabel 2, unit analisis yang pertama yaitu Informasi Menu Utama dalam website, nilai tertinggi diperoleh pada website kabupaten Malang, selanjutnya diikuti oleh kota Malang, dan nilai terendah diperoleh oleh website provinsi Jawa Timur. Penilaian tersebut didapatkan dari perhitungan dan analisa pada masing-masing kategori potensi daerah, komoditas utama, dan kualitas sumber daya manusia. Berdasarkan analisa potensi daerah masing masing website memiliki nilai yang sama, dan nilai komoditas utama, dan sumber daya manusia pada website kabupaten Malang memiliki nilai yang tertinggi sehingga membuatnya analisis Menu Utama kabupaten Malang menjadi nilai tertinggi.
            Unit analisis selanjutnya adalah Informasi Tambahan dalama website, hasil nilai ini berdasarkan penilaian pada masing-masing kategori yaitu Tahap I meliputi informasi dalam bidang pendidikan, Tahap II meliputi informasi dalam bidang perniagaan, dan Tahap III mengnai kegiatan pemerintahan atau diluar pemerintahan. Hasil analisis dan perhitungan nilai bobot tertinggi pada website kota Malang, selanjutnya diikuti oleh kabupaten Malang, dan nilai terendah provinsi Jawa Timur. Hal ini dikarenakan kategori Tahap I pada website kota Malang memiliki nilai yang tertinggi sehingga membuatkan unit analisis Informasi Tambahan pada website kota Malang memiliki nilai total yang tertinggi.
            Kemudian analisi selanjutnya adalah Unit Penyediaan Hubungan diantaranya hubungan pemerintah dengan masyarakat (G2C), pemerintah dengan bisnis (G2B), dan pemerintah dengan pemerintah (G2G). Berdasarkan analisis dan perhitungan diperoleh nilai tertinggi yaitu pada website kabupaten Malang, dan provinsi Jawa Timur dan kota Malang memiliki nilai total yang sama. Hal ini dikarenakan website kabupaten Malang memiliki nilai sempurna pada masing masing kategori sehingga membuatnya menjadi unit analisis Unit Penyediaan Hubungan dengan nilai total tertinggi.
            Unit Aksebilitas adalah mengenai performa kecepatan akses suatu website. Pada ketiga website memilikir rata-rata kecepatan yang sama yaitu akses kurang dari 10 detik, hal ini dapat dinilai bahwa masing-masing website memiliki kecepatan yang sangat baik.
            Selanjutnya Unit Analisis Design Website yang berisikan kategori Animasi, Grafis, dan Teks Lengkap. Berdasarkan analisis dan perhitungan didapatkan nilai total tertinggi yaitu pada website kabupaten Malang, selanjutnya diikuti oleh kota Malang, dan nilai terendah oleh provinsi Jawa Timur. Hal ini dikarenakan pada kategori Teks Lengkap kabupaten Malang memiliki nilai tertinggi sehinggan membuat unit analisis Design Website kabupaten Malang memperoleh nilai tertinggi, walaupun pada masing-masing kategori memiliki nilai tertinggi pada masing-masing website tetapi kategori Teks Lengkap memiliki persentase tertinggi.
            Dan untuk unit analisis yang terakhir adalah jumlah tingkatan informasi, tingakatan ini terbagi menjadi beberapa tingkat dinataranya, Tingkat 1 yaitu persiapan, meliputi pembuatan situs informasi di setiap lembaga Pemda, Tingkat 2 pematangan, meliputi pembuatan situs informasi publik yang interaktif dan user interface, Tingkat 3 pemantapan, meliputi pembuatan situs transaksi pelayanan publik dan pembuatan interoperabilitas aplikasi dan data dengan lembaga lain, dan Tingkat 4 pemanfatan, meliputi pembuatan aplikasi untuk pelayanan yang bersifat G2G, G2B dan G2C yang terintegrasi. Pada website kabupaten Malang memiliki nilai yang tertinggi, selanjutnya diikuti oleh provinsi Jawa Timur, dan nilai terendah oleh kota Malang. Hal ini dikarenakan kategori tingkat 1 dan 4 pada kabupaten Malang memiliki nilai tertinggi sehingga membuat Unit Analisis Tingkatan Informasi pada kabupaten Malang menjadi nilai tertinggi.
            Berdasarkan dari total akhir dari ketiga website  bisa disimpulkan bahwa website kabupaten Malang memiliki persentase yang paling tinggi yaitu 91.4% lalu yang kedua adalah website kota Malang dengan persentase 87.5% dan yang terendah diperoleh website provinsi Jawa timur dengan persentase 84.6%.


Sumber Referensi :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar