Senin, 04 Mei 2015

CINTA DAN KASIH SAYANG

Cinta

Pada masa remaja pasti kita akan mengalami yang namanya CINTA, mungkin di Dunia ini jika tidak ada CINTA pasti akan terasa hambar. Sebelum  membahasnya lebih lanjut, apakah yang dinamakan dengan CINTA? Cinta adalah persaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan. Cinta lebih mengandung pengertian mendalamnya rasa. Cinta sendiri member arti memiliki peranan penting dalam suatu kehidupan, sebab cinta merupakan landasan dalam kehidupan perkawinan. Cinta juga bisa diartikan dalam arti lain yaitu pengikat yang kokoh antara manusia dan tuhannya sehingga manusia menyembah tuhan dengan ikhlas, dan mematuhi perintahnya.
Kasih Sayang

Kasih sayang diartikan dengan perasaan sayang atau cinta kepada seseorang. Kasih sayang ini merupakan pertumbuhan dari cinta. Kasih sayang ada dua bentuk yaitu, kasih mengasihi atau saling menumpahkan kasih sayang, Kasih sayang juga dasar komunikasi dari keluarga.

Kata kasih dan sayang itu mengandung pengertian yang sangat luas. Dan yang pasti setiap insan manusia perlu tahu dan mengerti apa makna kasih sayang yang sebenarnya, sekaligus memilikinya di dalam sanubari. Seseorang akan terlanda kekeringan jiwa jika hidup tanpa memiliki kasih maupun sayang. Apapun yang terjadi, pasti dia akan selalu ingin cintai sekaligus mencintai orang lain. Dari pertama kali lahir di dunia sampai ajal menjemput. 

Cinta Kasih

Makhluk hidup yang bernama manusia, pasti anda semua sudah mengetahui bahwa manusia tidak bisa terlepas dengan yang namanya cinta kasih. Cinta kasih pada manusia bisa digolongkan menjadi tiga yaitu:
  1. Cinta kasih manusia terhadap Tuhan Yang Maha Esa
  2. Cinta kasih manusia terhadap  manusia
  3. Cinta kasih manusia terhadap tumbuhan dan hewan
  4. Cinta kasih manusia terhadao dirinya sendiri
Berikut penjelasannya:

1. Cinta kasih manusia terhadap Tuhan Yang Maha Esa
Puncak cinta manusia, yang paling bening, jernih dan spiritual ialah cintanya kepada Allah dan kerinduannya kepada-Nya. Tidak hanya dalam shalat, pujian, dan doanya saja, tetapi juga dalam semua tindakan dan tingkah lakunya. Semua tingkah laku dan tindakannya ditujukan kepada Allah, mengharapkan penerimaan dan ridho-Nya.

2. Cinta kasih manusia terhadap  manusia
Cinta kasih manusia terhadap manusia lainnya diperlukan agar manusia dapat hidup dengan penuh keserasian dan keharmonisan dengan manusia lainnya, tidak boleh tidak ia harus membatasi cintanya pada diri sendiri dan egoismenya. Pun hendaknya ia menyeimbangkan cintanya itu dengan cinta dan kasih sayang pada orang-orang lain, bekerja sama dengan dan memberi bantuan kepada orang lain. 

3. Cinta kasih manusia terhadap tumbuhan dan hewan
Cinta kasih terhadap tumbuhan dan hewan adalah cinta kasih yang tak kalah penting, karena manusia bisa menghirup oksigen dengan bebas dan puas karena bantuan dari tumbuhan dan manusia bisa menanam padi dengan bantuan kerbau yang membajak sawah untuk menggempurkan tanah. Oleh karena itu manusia harus mempunyai cinta kasih terhadap hewan dan tumbuhan dengan cara menjaga kelestarian hidup mereka, tidak mengeksploitasi tumbuhan dan hewan demi keuntungan diri sendiri. Karena di bumi ini manusia, hewan dan tumbuhan saling berkaitan guna mewujudkan tempat tinggal yang aman dan nyaman untuk di tempati sampai generasi berikutnya. Sama saja ketika manusia memelihara seekor hewan itu sudah menjadi contoh bahwa manusia pun sangat mencintai dan mengasihi seekor hewan, atau dapat dicontohkan pula sebuah kebun yang diolah atau dipelihara dengan manusia manusia. 

4. Cinta kasih manusia terhadap dirinya sendiri
Cinta diri erat kaitannya dengan dorongan menjaga dirinya untuk melakukan hal hal yang baik dan menjauhi hal hal yang buruk. Manusia senang untuk tetap hidup, mengembangkan potensi dirinya, dan mengaktualisasikan diri. Pun ia mencintai segala sesuatu yang mendatangkan kebaikan pada dirinya. 

Disini saya memiliki sebuah sebuah video mengenai seorang Pengorbanan seorang Ibu kepada anak yang ia cintai.
Sedikit Spoiler:
Pada video diatas berjudul "Terima Kasih Ibu - Pensil", di video tersebut menjelaskan sebuah keluarga yang amat sederhana namun disana memiliki seorang Ibu yang sangat mencintai anaknya. Ibu tersebut rela berkorban demi anaknya, seperti memberi makanan terhadap anaknya walaupun Ibu tersebut terlihat kelaparan, mengantar anaknya ke Sekolah yang jaraknya cukup jauh dari rumahnya.

Pada saat si Ibu tersebut sampai di rumah, ia terkejut melihat pensil anaknya yang tertinggal, sang Ibu langsung teringat bahwa anaknya sedang menumpuh Ujian yang sangat membutuhkan pensil tersebut. Dan tanpa pikir panjang, Ibu itu langsung ke Sekolahan anaknya hanya untuk mengasihi Pensil sang anak, segala medan Ibu lalui sampai desak desakkan pada saat di Bis. Pada saat di sekolah, Ibu tersebut menemui pengawas ruang sang anak, betapa leganya hati Ibu tersebut melihat anaknya dapat menempuh ujian tersebut.

Pada video diatas, kita bisa tarik kesimpulan, "CINTA itu butuh pengorbanan" pasti semua orang setuju dengan kata kata tersebut, tanpa pikir panjang yang kalau sudah dinamakan CINTA semua medan seberat apapun pasti akan terasa ringan.

Sumber Referensi:
http://octaviaberliana.blogspot.com/2013/10/tugas-ilmu-budaya-dasar-manusia-dan.html

http://miftahryan.blogspot.com/2013/01/manusia-dan-cinta-kasih-keindahan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar