Senin, 18 Mei 2015

DARAH TAK TERLIHAT

Setiap manusia dalam menjalani kehidupan ini memiliki Tanggung Jawab, dimana Tanggung Jawab tersebut disesuaikan dengan apa yang kita Lakukan. Arti dari Tanggung Jawab menurut kamus Bahasa Indonesia adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya, jadi Berkewajiban Menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya, atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya.

Tanggung jawab bermakna jaminan dan janji. Tanggung jawab seseorang atas sesuatu artinya hal tersebut berada dalam tanggungannya, dalam janjinya, dalam jaminan serta konsistensinya. Karena itu tatkala manusia berjanji untuk melakukan sesuatu maka pada hakikatnya ia menerima bahwa tanggung jawab pelaksanaan dan pemenuhan janji tersebut berada di pundaknya.

Tanggung jawab erat kaitannya dengan kewajiban. Kewajiban adalah sesuatu yang dibebankan terhadap seseorang, kewajiban merupakan tandingan terhadap hak, dan dapat juga tidak mengacu kepada hak, maka tanggung jawab dalam hal ini adalah tanggung jawab terhadap kewajibannya. Tanggung jawab itu sifat terpuji yang mendasar dalam diri manusia. Selaras dengan fitrah. Tapi bisa juga tergeser oleh faktor eksternal. 

Disini saya memiliki sebuah Video mengenai Tanggung Jawab seorang Polisi terhadap pekerjaannya:
Sedikit Spoiler:
Pada siang hari terdapat seorang Ibu-ibu yang  mengendarai motor berhenti bersama pengendara lainnya di lampu merah. 

Ibu ini terlihat buru-buru. Lampu lalu lintas masih menunjukkan warna merah, Ibu tersebut  tidak mempedulikannya, ia langsung menerobos lampu merah, dan menghalangi laju kendaraan dari arah balik.

Saat kegaduhan itu terjadi, seorang polisi lalu lintas melihatnya. Polisi itu lalu meminta sang perempuan menepi, dan memberi tahu bahwa tindakannya melanggar lalu lintas. Polisi itu lalu mengeluarkan surat tilang.

Di tengah-tengah tindakan polisi itu, Ibu menyadari bahwa polisi yang menilang adalah suaminya. Ia lalu merajuk atau merayu untuk meminta dibebaskan. Namun, Polisi itu tanpa kompromi tetap menilang sang istri, dan terlihat  wajah Ibu yang marah dan kesal terhadap suaminya.

Sehari berlalu, matahari telah redup, dan sang polisi pulang ke rumah dengan mengendarai sepeda motor dinasnya. Ia melepas helm, lalu menuju ke arah pintu. Namun, ia tak mendapati istrinya membukakan pintu. Pintu rumah pun tak dikunci. Ia kemudian masuk dan mengecek ke dalam kamar. Tenyata, istrinya telah tertidur lelap.

Sang polisi tak marah. Ia membiarkan istrinya dalam tidur. Dia lalu menghadiahkan sekuntum mawar merah, dan meletakkannya di samping tempat tidur. Di sana, tertempel secarik kertas dengan kalimat permintaan maaf. "Ma, maaf tadi papa tilang. Papa harap mama mengerti. Papa cinta mama".

Dari video di atas, bisa kita tarik kesimpulan Tanggung Jawab merupakan keadaan wajib menanggung dalam segala sesuatu ataupun segala bidang. Pada video tersebut, seorang Polisi bertanggung jawab terhadap profesinya dan juga tanggung jawab terhadap keluarga yang cinta akan anggota keluarganya.


Sedikit gambaran, kenapa saya menggunakan judul blog saya "Darah Tak Terlihat" ?
Jadi, saya menggunakan kata Darah itu bisa diibaratkan sedang terluka atau apalah itu, bisa juga diibaratkan Pahlawan masa lalu yang berusaha untuk merdeka hingga bertumpah darah. Pada masa sekarang untuk menjadi Pahlawan kitanya tidak harus bertumpah darah, cukup berpribadian  yang baik, membantu dengan sesama dan bertanggung jawab dalam segala sesuatu ataupun segala bidang yang kita terima.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar